Selasa, 12 Februari 2013

HUKUM PUASA DI DAERAH KUTUB

PUASA SEORANG MUSAFIR


Puasa ialah perintah Allah SWT yang wajib dilakukan oleh semua umat islam dan puasa juga merupakan rukun islam yang ketiga. Allah berfirman : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (Q.S Al-Baqarah: 183).
Pada dasarnya, puasa ialah menahan diri dari makan, minum dan semua yang dapat membatalkan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, terdapat beberapa daerah yang tidak memiliki pergantian antara siang dan malam selama 24 jam pada beberapa bulan misalnya pada daerah kutub. Dan ada juga yang mengalami pergantian siang dan malam namun perbedaannya sangat jauh.Orang yang berada dikutub secara geografis akan mengalami beberapa keajaiban alam. Terutama yang berkaitan dengan waktu terbit dan terbenamnya matahari.

Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada daerah kutub:
1.       Terdapat derah yang pada bulan-bulan tertentu mengalami siang selama 24 jam dalam sehari. Dan juga sebaliknya, pada bulan-bulan tertentu akan mengalami yang sebaliknya, yakni  mengalami malam selama 24 jam dalam sehari.
2.       Terdapat daerah yang pada bulan tertentu tidak mengalami hilangnya mega merah atau syafaqul ahmar sampai datangnya waktu shubuh. Sehingga tdk bisa membedakan antara mega merah pada saat waktu maghrib dengan mega merah pada saat waktu shubuh.
3.       Terdapat daerah yang masih mengalami pergantian siang dan malam dalam satu hari, meskipun panjangnya siang sangat singkat sekali dan begitu jug pada malamnya yang mengalami waktu yang singkat.

Cara penentuan puasa pada daerah kutub:
1.       Mengikuti waktu Hijaz yaitu jadwal puasanya mengikuti jadwal puasa yang berada di Makkah atau Madinah dan sekitarnya. Karena daerah ini merupakan tempat yang dianggap sebagi terbit dan munculnya Islam pertama kali. Kemudian diambil waktu siang yang paling lama pada wilayah tersebut untuk dijadikan patokan bagi mereka yang berada di daerah kutub.
2.       Penentuan waktu puasanya mengikuti daerah atau negara terdekat yang masih memiliki waktu pergantian siang dan malam.

       Untuk lebih jelasnya tentang blog ini silahkan baca disini

1 komentar:

  1. infonya top gan, kunjungan baliknya ditunggu ya gan http://umrohkeci.blogspot.com/

    BalasHapus